Tuesday, August 12, 2014

Alberobello

Trulli di Rione Monti
Trullo (Jamak:Trulli) adalah rumah tradisional dari Region Puglia, Italia bagian selatan. Ciri khas rumah ini adalah berbentuk persegi, beratap kerucut, yang terbuat dari susunan batu.Dindingnya yang sangat tebal membuat temperatur di dalam ruangan relatif tetap, hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Trullo umumnya dapat ditemukan tersebar di kebun-kebun zaitun dan anggur yang terhampar luas di Puglia.
Trullo yang belum di pugar

Suasana di dalam Trullo yang berusia 500 tahun

Di kota Alberobello, terdapat sekitar 1.500 trulli yang letaknya terlokalisasi. kawasan ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia Unesco karena keunikannya.



Awalnya Alberobello adalah area hutan (Albero=pohon bello=cantik/indah). Seorang penguasa lahan memindahkan pekerjanya ke Alberobello untuk merambah hutan dan menjadikannya perkebunan.Para pekerja harus tinggal di trulli untuk menghindari pajak. Menurut peraturan saat itu, trulli tidak dianggap sebagai pemukiman permanen karena dibangun tanpa menggunakan semen. JIka sewaktu-waktu ada pemeriksaan, maka rumah-rumah ini dengan sangat mudah dihancurkan.

Saat ini trulli kebanyakan sudah dipugar dan berubah menjadi hotel, cafe, toko, atau tempat tinggal. Uniknya seluruh trulli di Alberobello dicat dengan warna putih.





Kami mengunjungi Alberobello pada tanggal 2 Agustus 2014. Dari Stasiun Bari Centrale, kami menaiki kereta FSE(FErrovie Sud-Est) dengan tujuan akhir Martina Franca, harga tiket sekitar 4 euro sekali jalan. Waktu perjalaan dari kereta sekitar 1 jam, hingga sampai di stasiun Alberobello. Hamparan kebun zaitun dan anggur di sepanjang jalan membuat waktu 1 jam terasa singkat. Dari stasiun, satu-satunya cara menuju kawasan trulli adalah dengan berjalan kaki sekitar 25 menit. Cukup jauh, namun petunjuk jalannya cukup mudah untuk diikuti.
Aia Picola

Rione Monti

Area Trulli terbagi dua yaitu Rione Monti dan Aia Picola. Rione monti adalah kawasan turistik yang ramai dikunjungi wisatawan, serta dipenuhi oleh toko-toko suvenir dan cafe. Sedangkan kawasan Aia picola, adalah kawasan perumahan yang relatif tenang dan sepi.Tidak jauh dari area Aia Picola, terdaapat view point (belvedere), untuk mengambil foto trulli dari ketinggian.

Pemandangan dari belvedere

No comments:

Post a Comment