Wednesday, December 3, 2014

Luce D’artista Salerno





Salerno, adalah kota tepi pantai yang terletak di ujung jajaran Amalfi Coast. Seperti halnya kota-kota lainnya di Amalfi Coast, salerno terkenal akan keindahan pantainya. Pada saat musim panas dan awal musim gugur, wisatawan banyak berdatangan ke kota ini. Tujuannya tentu saja untuk menikmati suasana pantainya.

Pada waktu musim dingin tiba, wisata pantai tidak lagi menjadi tujuan para wisatawan. Namun, kota Salerno memiliki daya tawar lain yang dapat menarik wisatawan untuk tetap menjadikannya sebagai tujuan wisata di musim dingin. Sejak tahun 2006, kota Salerno mempunyai tradisi menghias kotanya dengan lampu-lampu artistik yang sangat indah. Kehadiran lampu-lampu ini menghidupkan malam-malam musim dingin yang datang lebih cepat.
 
Lorong kota berhias lampu
Lampu-lampu tersebut dibuat sesuai dengan tema setiap tahunnya. Tahun 2014 ini tema yang dipilih adalah L’Aurora boreale. Jalanan dan lorong-lorong kota, pohon-pohon, dan taman, dihiasi dengan lampu yang berbentuk bunga, lampion, atau pun hewan-hewan. Pertunjukan utama lampu-lampu ini adalah di taman kota (Villa Communale). Di taman tesebut  terdapat lorong, kereta kuda, Big Ben, dan berbagai macam hewan yang terbuat dari lampu.





 Di sepanjang pantai didirikan stan-stan untuk menjual produk lokal yang dikenal sebagai pasar natal. Selain itu juga terdapat puppet show dan wahana bermain untuk anak-anak.
 
Puppet show
Salah satu lampu hias yang menarik adalah lampu yang dibuat dari botol plastik bekas minuman. Warna-warni botol bekas tersebut tampak indah dan serasi dari kejauhan. Di atas batu-batu besar pemecah ombak pantai, dipasang lampion-lampion berbentuk pinguin. Dari jauh tampak seperti pinguin yang bersinar dalam kegelapan.
 
Lampu dari botol minuman

Lampion pinguin di tengah laut


Lampu-lampu ini dipasang mulai bulan November hingga Januari. Pengunjung yang ingin menyaksikan keindahannya memadati ruas-ruas jalan di pusat kota. Mulai dari anak-anak hingga kakek nenek tumpah ruah ke jalan untuk menikmati indahnya malam di Kota Salerno. Begitu ramainya, hingga untuk berjalan pun harus perlahan-lahan. Pemerintah kota menyediakan shuttle bus dari tempat parkiran, menuju ke pusat pertunjukan. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan di dalam kota dan mengatasi masalah tempat parkir.




Adanya festival lampu ini pun tampaknya dapat menggairahkan perekonomian masyarakat setempat. Cafe dan restoran dipenuhi oleh pengunjung, pasar natal, penjual makanan kaki lima yang menjual kentang goreng, kacang castagne panggang, crepes, seafood goreng, dan lain sebagainya, berkesampatn untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari para wisatawan yang datang dari berbagai kota.
Penjual castagne panggang

No comments:

Post a Comment